Sabtu, 18 Mei 2013

Cara Kerja Mouse Optik Wireless dilengkapi Cara Menggunakannya

Cara Menggunakan Mouse Optik Wireless


Mouse Optik / Optical Mouse adalah sebuah mouse yang menggunakan cahaya dari sebuah dioda untuk mendeteksi adanya pergerakan. Mouse Wireless  adalah sebuah mouse yang terhubung dengan komputer tanpa perantaraan kabel, namun melalui gelombang radio. Mouse ini bisa kita temukan sendiri-sendiri yaitu mouse optik atau mouse wireless, bisa juga kedua fasilitas ditemukan dalam satu perangkat, yaitu mouse optik wireless.



Mouse atau jika di bahasa Indonesia-kan menjadi Tetikus merupakan sebuah perangkat keras komputer (hardware) yang menjadi perantara bagi pengguna untuk memerintah komputer lewat gerakan tangan. Beberapa tahun yang lalu, mouse menggunakan sebuah bola sebagai pendeteksi adanya gerakan, atau perubahan posisi mouse terhadap landasannya, namun teknologi mekanik ini dirasa kurang efisien karena mempunya beberapa kelemahan seperti mudahnya sensor bola rusak maupun bola yang cepat kotor. Oleh karena itu perusahaan pengembang mouse berusaha mengatasi kelemahan ini dengan membuat mouse berbasis cahaya/optical mouse/mouse optik.

Mouse Wireless sendiri muncul menanggapi banyaknya kasus mouse yang rusak di bagian kabelnya. Kabel mouse terkadang terlipat sehingga putus dibagian dalam atau kabel mouse tertarik dengan kuat sehingga lepas dari mouse-nya. Terkadang mouse yang baru kita belipun dapat rusak jika tertarik kabelnya, biasanya rusak terjadi dibagian ujung kabel sebelum konektor, dan untuk memperbaikinya termasuk sangat susah. Mouse wireless dapat menangani permasalahan kabel ini, dengan memberikan jarak penggunaan mouse yang lebih jauh pengguna lebih bebas dalam menggunakan mouse tanpa terbatas panjang-pendek kabel dan tidak perlu takut kabel terlipat. Kelebihan lain Mouse Wireless ini adalah resolusi yang lebih besar, sehingga pergerakan mouse pada layar monitor akan sangat mulus.

Cara Kerja Mouse Optik


Mouse mekanik dengan trackball / bola sudah sangat jarang kita temukan di pasaran, yang beredar adalah mouse optik. Penggunaan bola pada mouse mekanik mengharuskan adanya landasan mouse yang bagus, oleh karena itu dibutuhkan mousepad yang bagus agar mouse mekanik berjalan optimal. Namun dengan menggunakan teknologi optik, mouse dapat bekerja dengan baik disemua jenis landasan asalkan tidak memantulkan sinar seperti sebuah kaca.

Jika penasaran apa fungsi warna merah di bawah mouse, penjelasan Cara Kerja Mouse Optik berikut ini dapat mengatasi rasa penasaran tersebut:
  1. Ligth Emitting Diode (LED) / Lampu dibawah Mouse berwarna merah akan menyala dan memantulkan cahaya.
  2. Pantulan cahaya tersebut kemudian akan direkam oleh sensor complementary metal-oxide semiconductor (CMOS).
  3. Kemudian hasil rekaman sensor tersebut dibawa ke digital signal processor (DSP) untuk di analisis
  4. DSP ini bekerja secepat puluhan MIPS (Millions Instruction Per Second) untuk mendeteksi kondisi landasan mouse pada saat ini
  5. Kondisi landasan mouse terkini kemudian dibandingkan dengan landasan sebelumnya, jika berbeda maka DSP mendeteksi adanya gerakan mouse
  6. Jika terjadi gerakan, maka DSP mengirimkan data ke komputer bahwa ada pergerakan mouse ke koordinat tertentu
  7. Setelah itu komputer akan memberikan respon terhadap layar.
  8. Semua kegiatan ini berjalan dalam hitungan MIPS jadi kinerja mouse sangat cepat dan terkesan halus, ribuan gambar diambil dan diperbandingkan dalam hitungan detik.

Optical Mouse tidak bisa digunakan/berjalan/bekerja dil andasan seperti cermin atau gelas atau permukaan yang mengkilap ini dikarenakan permukaan gelas atau kaca tersebut akan selalu dianggap sama oleh sensor maupun DSP sehingga meskipun digerakan ke kanan-kiri-atas-bawah hasilnya dianggap sama jadi dianggap tidak ada gerakan oleh Sensor maupun DSP.

Mouse optic yang menggunakan laser/ laser mouse mempunyai prinsip cara kerja seperti  mouse optik biasa hanya saja kerapatan / resolusi yang lebih tinggi, sehingga lebih sensitif terhadap gerakan. Mouse jenis ini banyak dipakai bagi kalangan gamers atau pekerja graphic.

Cara Kerja Mouse Wireless


Wireless Mouse memang sudah populer, namu tidak seperti mouse optic, sebagian pengguna komputer kurang nyaman dengan mouse tanpa kabel ini. Di karenakan beberapa kekurangannya seperti penggunaan batterai yang dianggap boros maupun harganya yang masih tergolong mahal apalagi untuk seorang pelajar. Namun demikian mouse wireless memiliki banyak kelebihan yang membuat mouse ini sangat terkenal, yaitu mengatasi masalah jarak penggunaan mouse dan juga mengatasi minimnya ruang gerak mouse.

Jika anda sedang berpikir bagaimana cara kerja mouse wireless sehingga bisa terhubung dengan komputer/laptop tanpa melalui kabel, berikut merupakan penjelasan singkatnya:

  1. Setiap gerakan maupun klik yang terjadi direkam kemudian dikirim melalui Radio Frequency (RF) transmitter yang terdapat di dalam mouse dalam bentuk sinyal.
  2. Sinyal diterima oleh RF Receiver yang biasanya berbentuk seperti flashdisk di pasang pada komputer/laptop
  3. Sinyal tersebut kemudian dikonverter menjadi data yang dimengerti oleh komputer
  4. Komputer akan meresponnya ke layar monitornya

Selain menggunakan Radio Frekuensi untuk mengantarkan sinyal, mouse wireless juga ada yang bekerja dengan perantaraan bluetooth. Namun cara kerja keduanya tidaklah jauh berbeda. Pada saat ini harga mouse optical wireless masih diatas 200 ribu, sehingga masih tergolong mahal. Namun dengan mengerti Cara Kerja Mouse Optik Wireless dan Cara Menggunakan Mouse Optik Wireless ini diharapkan mouse anda akan lebih dirawat sehingga lebih awet. Jika mouse sudah terlanjur rusak atau trouble, silahkan kunjungi artikel saya tentang Cara Memperbaiki Mouse yang Rusak .



Cara Kerja Mouse Optik Wireless dilengkapi Cara Menggunakannya
Rating: 100% based on 975 ratings. 91 user reviews.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar