Kamis, 29 November 2012

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer pada windows xp, vista, 7 dan 8

Terkadang ketika kita akan menggunakan printer sedikit dibuat  bingung karena printer baru yang kita beli tidak terdeteksi oleh komputer. Atau printer yang sudah terbiasa kita pakai tiba-tiba tidak dapat kita pakai lagi. Ini bisa terjadi di berbagai jenis printer, baik itu canon, hp, epson, samsung, maupun brother. Anda tidak perlu panik, mungkin beberapa tips berikut dapat mengatasi printer yang sulit terdeteksi tersebut.

Pastikan kabel usb printer sudah terpasang di printer dan di port usb milik komputer/laptop, ini merupakan pengecekan fisik pertama yang harus dilakukan. Kemudian pastikan juga kabel terbut dalam kondisi baik, jika kabel tersambung tapi dalam kondisi putus tentu tidak ada gunanya.

Pastikan Driver Printer telah ter-install dengan baik dan benar, jika driver belum terinstall, maka kemungkinan printer anda belum dapat digunakan, terutama pada printer-printer baru yang belum terdaftar di sistem operasi. Jika anda akan memasang driver, pastikan driver tersebut sesuai dengan printer yang anda miliki, perbedaan seri printer dapat menyebabkan printer tidak berjalan dengan optimal. Jika ternyata driver sudah ada, dan dicurigai bahwa driver itu corrupt/rusak coba uninstall terlebih dahulu, setelah itu di install ulang.

Jika dirasa tidak ada masalah pada driver maupun kabel, sekarang saatnya kita sedikit meng-otak-atik windows yang kita pakai:

1. klik start>run> ketik services.msc
2. Cari Print Spooler klik kanan dan pilih properties
3. pada startup type pilih automatic, kemudian klik start

Apakah sekarang printer sudah dapat terdeteksi oleh komputer anda?

Jika belum terdeteksi, mungkin ada baiknya anda lepas semua sambungan komputer dengan periperal lain, seperti scanner, atau perangkat yang lain, setelah itu hidupkan ulang komputer.

Jika printer masih tidak terdeteksi, cobalah langkah berikut:
Start = > control panel => device and printer => add printer => add local printer => kemudian pilih port yg digunakan (misal usb) => have a disk (lokasi driver) => lanjutkan sampai selesai => printer terdeteksi.

Saya kira beberapa langkah di atas dapat mengatasi masalah printer yang tidak terdeteksi oleh komputer atau laptop anda, semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Printer Tidak Terdeteksi Komputer pada windows xp, vista, 7 dan 8
Rating: 100% based on 975 ratings. 91 user reviews.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar