Jumat, 30 November 2012

Printer DTG

Pengertian Printer DTG

Pada saat ini semakin marak usaha sablon digital menggunakan printer DTG - printer direct to garment. Selayaknya printer biasa, printer dtg ini berfungsi untuk membantu proses cetak dari file digital ke media fisik, namun bukan kertas melainkan kain (terutama kaos). Pemasangan gambar pada kain/kaos pada beberapa tahun yang lalu masih menggunakan metode manual konvensional menggunakan alat seperti screen, rakel, dan tinta sablon. Namun seiring dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, proses sablon kaos dapat dilakukan secara digital dengan bantuan printer jenis DTG ini.

Printer DTG
Printer DTG

Tinta Printer DTG

Printer ini menggunakan head printer khusus yaitu tipe Piezo. Tinta yang digunakan pada printer DTG ini haruslah menggunakan tinta khusus, yaitu tinta untuk tekstil DTG yang biasanya terdiri dari 5 warna CMYK dan White. Tinta warna putih dibutuhkan untuk mencetak pada kaos yang berwarna gelap, sehingga kita bisa mencetak di kaos hitam maupun putih atau berwarna. Untuk mencetak di kaos berwarna putih dibutuhkan software RIP yang berfungsi mendeteksi warna putih pada gambar sebagai warna background, sehingga dapat menghemat tinta. Printer DTG telah banyak membantu pengusaha sablon terutama dalam mengatasi keterbatasan warna yang dihasilkan dari sablon manual.

Harga Printer DTG

Printer DTG dapat kita temui dalam beberapa jenis, yaitu printer DTG asli yang diimpor dari Amerika dengan harga yang sangat mahal, kemudian  printer yang dibuat oleh perusahaan cina, dan yang paling murah adalah printer lokal yang merupakan modifikasi dari printer biasa. Namun dengan harga relatif murah, printer buatan lokal mampu bersaing dengan printer-printer branded luar negeri. Harga Printer DTG ini bervariasi dari kisaran 5 juta rupiah hingga diatas 50 juta rupiah, tentu saja pemilihan jenis printer ini disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Biaya Cetak Printer DTG

Jika menggunakan metode manual pembuatan sablon hanya untuk satu buah kaos akan memakan banyak biaya, namun dengan adanya printer DTG ini, maka pembuatan sablon hanya untuk satu buah kaos dapat dilakukan. Di internet dengan mudah kita temui website yang menyediakan jasa sablon digital satuan dengan harga yang relatif murah, hanya berkisar Rp.10000 hingga Rp.20000 per kaos untuk area print A4 (19x33 cm).

Keunggulan Printer DTG

Penggunaan printer ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu bisa mencetak langsung diatas kaos berbahan cotton 100% seperti cotton combed dan carded. Kita tidak perlu menggunakan kertas transfer/transfer paper yang rumit dan tidak melekat kuat di kaos. Hasilnya akan meresap ke dalam kain/kaos sehingga lebih awet meskipun dicuci berulang kali. Penggunaan Printer DTG juga akan menghasilkan cetakan yang tajam, merata seakan menyatu dengan bahan kaos itu sendiri.
Printer DTG
Rating: 100% based on 975 ratings. 91 user reviews.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar