Jumat, 09 November 2012

Pengertian Printer

Pengertian atau Definisi Printer Komputer

Jika anda terbiasa menggunakan komputer, pasti anda sudah tidak lagi awam dengan alat yang satu ini. Ya, printer merupakan sebuah alat/mesin yang seakan menjadi bagian tidak terpisahkan dari komputer maupun laptop. Secara ilmiah printer dapat didefinisikan sebagai berikut: Printer adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen elektronik, baik berupa tulisan maupun gambar ke dalam suatu media seperti kertas, plastik, maupun kain. Secara sederhana, printer dapat diartikan sebagai alat cetak yang terhubung dengan komputer.  




Pengertian Fungsi Printer

Penggunaan printer sebenarnya semakin hari semakin berkurang, hal ini dikarenakan semakin terbiasanya bagi pengguna komputer untuk membaca/melihat dokumen dalam bentuk digital seperti PDF melalui monitor. Begitu juga pada saat ini data dalam bentuk digital sudah mulai diakui secara resmi secara hukum, sehingga tidak perlu untuk dicetak secara fisik. Meskipun demikian, bukan berarti printer tidak dibutuhkan lagi, karena masih banyak hal yang tidak dapat dijangkau oleh data digital, oleh karena itu diperlukan alat cetak untuk merepresentasikan data digital tersebut dalam bentuk fisik.

Sejarah Printer

Teknologi alat cetak selalu berkembang dari masa ke masa mengkuti kreatifitas dan kebutuhan manusia. Menurut beberapa literatur, alat pencetak bukanlah sebuah hal yang baru, bahkan pada zaman Mesir Kuno pun sudah ada. Namun tentu saja teknologinya sangat sederhana, yaitu hanya menggunakan sebuah silinder yang diukir gambar manusia, burung, tanaman atau simbol lain yang kemudian digunakan untuk mencetak tanah liat, jadilah seperti yang kita lihat di dalam buku sejarah. Kemudian alat tersebut berkembang melalui berbagai fase, seperti alat percetakan manual, foto copy, dan pada akhirnya menjadi printer komputer pada saat ini.

Jenis-jenis Printer

Pengertian sebuah printer komputer terkadang perlu dipersempit lagi, karena semakin beragamnya teknologi yang diusung dari produsen pembuat alat cetak canggih ini. Berikut merupakan klasifikasi dari beberapa jenis printer yang beredar di pasaran, yang mungkin perlu kita ketahui. Printer ditinjau dari teknologi yang digunakan dapat dibagi menjadi dua, yaitu laserjet dan tinta. Jika dilihat dari warna yang dihasilkan juga ada dua, yakni monochrome (hitam putih) dan Colour (warna). Jika dilihat dari konektifitas dengan komputer maka ada dua jenis yakni terhubung langsung dan terhubung lewat jaringan. Perbedaan jenis printer tersebut, bukanlah berarti satu jenis lebih unggul dibanding jenis yang lain, namun karena masing masing mempunyai karakteristik tersendiri, yang tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Pengetahuan tentang printer akan membuat kita tidak salah memilih jenis printer yang dibutuhkan.

Pengertian Printer Tinta / Ink Jet

Printer jenis tinta ini merupakan alat cetak yang paling banyak digunakan untuk pengguna rumahan maupun pelajar. Hal ini dikarenakan sangat hemat dan menghasilkan cetakan yang relatif bagus. Printer Inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta cair sebagai media untuk mewarnai objek cetakan. Hasil cetakan sebenarnya merupakan kumpulan dari titik-titik tinta yang disemprotkan melalui nozzle. Tinta untuk printer ini terdiri dari 2 macam, yakni tinta warna (Cyan, Magenta dan Yellow) dan tinta hitam (Key) yang disimpan dalam tempat terpisah (Ink Tank). Pada saat ini pengeluaran/biaya untuk jenis printer tinta semakin bisa ditekan, jika anda menggunakan tinta kompatible, atau tinta yang dibuat untuk menggantikan tinta aslinya.

Pengertian Printer Laser Jet

Jika anda menginginkan hasil cetak yang maksimum, maka sudah saatnya anda beralih ke jenis laserjet. Printer ini akan menghasilkan cetakan dengan kualitas yang sangat bagus dengan kecepatan yang luar biasa. Laserjet tidaklah menggunakan tinta, melainkan menggunakan bubuk toner yang akan mencair jika dipanaskan, prinsip kerjanya hampir sama dengan mesin FotoCopy. Sampai saat ini, laser jet merupakan alat cetak terbaik, namun tentu saja berbanding lurus dengan harga yang harus kita keluarkan. Kelebihan lain printer jenis ini adalah hasil cetak yang cepat kering, dan dapat mencetak pada media yang licin seperti plastik.

Pengertian Printer Dot Matrix 

Jika anda pergi ke sebuah supermarket atau toko swalayan, anda akan menemui printer jenis ini di meja kasir. Printer dot matrix memang merupakan printer dengan hasil cetak yang paling buruk dibanding dua jenis printer sebelumnya, namun bukan berarti printer ini sudah ditinggalkan. Printer ini masih sangat ampuh untuk mencetak dokumen dengan kecepatan yang cukup, hasil yang cepat kering dan tentu saja paling hemat dibanding jenis printer lainnya.

Pengertian Printer
Rating: 100% based on 975 ratings. 91 user reviews.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar